Masih Market Leader, Bagaimana Nasib Honda City Saat Ini?

 

Tingginya pajak Sedan yg berimbas dalam harga jualnya yang melambung, & juga kenyataan bahwa jalanan di Indonesia kurang ‘akrab’ menggunakan mobil jenis ini menciptakan pangsa pasar berdasarkan Sedan lama kelamaan makin menurun. Apalagi, kini image kemewahan tidak hanya dimiliki sebuah sedan belakan, bahkan sebuah SUV pun sanggup dijadikan sebuah gambar diri berupa kemewahan. Oleh karenanya, tidak mengejutkan jikalau peforma penjualan dari sedan di Indonesia terbilang kurang oke. Nah, satu diantara beberapa sedan yang masih bertahan pada Indonesia adalah Honda City, yuk kita bahas sedan asal Jepang ini.

Honda City sendiri punya bepergian yang panjang pada Indonesia, bahkah bisa dibilang bahwa Honda City merupakan small sedan tertua yg masih eksis sampai hari ini & tak berganti nama. Honda City sendiri telah dijual pada tahun 90 an, dan menerima update menjadi Honda City Type Z beberapa tahun berikutnya. Di 2002, pihak Honda melakukan ubahan yg cukup mencolok pada Honda City dengan menelurkan generasi GD8, bersamaan menggunakan keluarnya Honda Jazz generasi pertama pada tanah air. Sempat mendapatkan facelift satu kali, Honda City GD8 harus purna tugas dan digantikan dengan Honda City GM2 pada tahun 2008. Di Honda City GM2 inilah pihak Honda pula menyematkan teknologi mesin i-VTEC yang terus dipakai sampai detik ini.

Pada tahun 2014 pihak Honda kembali merombak total Honda City dengan menghadirkan generasi baru berkode GM6. Di generasi ini, Honda City sempat disebutkan ‘meniru’ buritan dari Suzuki Ciaz yang contoh konsepnya hadir terlebih dahulu. Honda City GM6 jua sempat menerima versi facelift pada tahun 2017 silam, dan terus dijual sampai hari ini. Jadi, telah dua dekade lebih Honda City terdapat di Indonesia, & bisa dikatakan bahwa selama ini Honda City selalu mempunyai konsumen setianya walaupun gempuran menurut beberapa rival misalnya Toyota Soluna, Toyota Vios, Suzuki Baleno, Suzuki Ciaz, & juga beberapa sedan lainnya sempat menghampiri mobil yang masih satu basis dengan Honda Jazz ini.

Lalu, pasca dijual selama lebih berdasarkan dua dekade, bagaimana nasib penjualan menurut Honda City pada tahun 2018 ini? Jawabannya, memang lesu, tetapi Honda City masih menjadi market leader di segmennya. Honda City masih terjual sebanyak 627 unit secara wholesales. Capaian ini kentara mengungguli Toyota Vios yg hanya mencatatkan nomor wholesales sebanyak 322 unit. Eits, tetapi jangan keliru, lantaran Toyota Vios ternyata baru mencatatkan wholesales mulai bulan April 2018 buat generasi terbarunya. Supaya adil, ayo coba hitung berdasarkan bulan April sampai bulan September 2018, & capaian yg berhasil diraih Honda City adalah 309 unit, kalah tipis dibandingkan dengan Toyota Vios. Tetapi terdapat catatan menarik, yaitu opsi menurut Honda City hanya terdapat satu tipe saja, sedangkan Toyota Vios terdapat 4 tipe.

Namun apabila masih mengacu pada data secara total, mau kapanpun bulannya, memang Honda City masih berjaya. Sedangkan data tahun 2017 sendiri Honda City mencatatkan penjualan wholesales pada nomor 1024 unit, sedikit diatas Toyota Vios menggunakan 746 unit, dan jauh diatas Suzuki Ciaz yg hanya 30 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *